Tata krama (etiket) Komunikasi Asinkron


Tata krama (etiket) Komunikasi Asinkron - Komunikasi merupakan kegiatan yang melibatkan dua atau lebih orang, sehingga perlu diperhatikan tatacara serta tatakrama (etiket) dalam melakukannya. Hal tersebut menjadi makin penting dalam tatakrama berkomunikasi daring, karena kedua belah pihak tidak bertemu langsung, sehingga lebih rentan terhadap terjadinya salah paham.Beberapa contoh tatakrama (etiket) dalam menuliskan informasi atau pesan antara lain sebagai berikut.

a. Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan. Bedakan pemilihan kata sesuai hubungan Anda dengan penerima pesan.

b. Tidak menuliskan seluruh kalimat dengan huruf kapital. Dalam tata krama korespondensi elektronik, penulisan seluruh kalimat menggunakan huruf kapital berarti sama dengan berteriak/marah.

c. Tidak menggunakan jenis huruf (font) yang beragam. Gunakanlah font standar, dengan ukuran yang standar. Karena penggunaan fontyang beragam akan menyulitkan pembacaan dan melelahkan   mata.

d. Kejelasan penulisan subjek,gunakanlah subjek yang dapat langsung dimengerti oleh penerima e-         mail anda

e. Perhatikan penerima CC, dan perhatikan juga penerima BCC e-mail Anda. Dianjurkan untuk   mengirim CC ataupunBCCberdasarkan hak membaca e-mail tersebut.

f. Segera menanggapi pesan yang diterima. Beritahukanlah terlebih dahulu jika Anda membutuhkan waktu tambahan untuk membalas pesan.

g. Tidak meneruskan pesan yang tidak penting. Tidak semua orang menyukai lelucon atau gambar yang Anda kirimkan.

1 Response to "Tata krama (etiket) Komunikasi Asinkron "

  1. Postingan nya sangat berguna kak.
    numpang blog walking kak
    www.andreaplikasi.blogspot.com
    www.turbisx.blogspot.com
    www.turalaki.blogspot.com
    www.medankontraktor.blogspot.com


    terimakasih...

    ReplyDelete